free webpage hit counter

Kekurangan dan Kelebihan BPJS Kesehatan

BPJS atau badan penyelanggara jaminan sosial merupakan program asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah indonesia. Sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang murah. BPJS kesehatan pertama kali dikenalkan pada 1 Januari 2014. Banyak perbaikan yang dilakukan, sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Supaya lebih mengenal program ini, ketahui kekurangan dan kelebihan BPJS kesehatan indonesia.

Keberadaan BPJS kesehatan memang memberikan angin segar bagi masyarakat indonesia. karena hampir semua orang bisa merasakannya. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang sebelumnya. Hanya dikhususkan untuk orang yang tidak mampu dan ASN. Semua orang bisa mendapatkan pelayanan gratis di rumah sakit. Namun kekurangangnya, proses mekanismenya masih ribet. Tapi bisa memberikan pertolongan bagi masyarakat indonesia.

Pertama kita akan membahas tentang kekurangan dari BPJS kesehatan. Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. kekurangan ini diharapkan bisa membuat BPJS terus memperbaiki diri dan berkembang.

Kekurangan BPJS Kesehatan

     Metode berjenjang

BPJS menerapkan metode berjenjang. Di luar keadaan darurat, anda harus melakukan pemeriksaan ke faskes 1  terlebih dahulu. Faskes pertama bisa di klinik atau puskesmas. Bila faskes pertama tidak bisa mengatasi masalahnya, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar.. hal ini terkadang membuat peserta bingung dan ribet.

     Hanya bisa digunakan di Indonesia

BPJS kesehatan hanya bisa digunakan di Indonesia. jadi bila anda mengalami suatu hal di luar negeri, tidak bisa dicover dengan BPJS, berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, yang bisa digunakan di luar negeri yang bekerjasama.

     Antri panjang dan proses ribet

Inilah salah satu kekurangan yang membuat banyak orang malas menggunakan BPJS. Karena harus antri panjang dan mengurus banyak dokumen. Saat akan periksa di rumah sakit harus siap dengan antri yang panjang. Namun sekarang sudah banyak perubahan yang dilakukan, semoga bisa lebih baik.

     Sulit mendapatkan kelas 1

BPJS kesehatan dibagi menjadi tiga kelas, ada kelas III, kelas II dan kelas I. walaupun anda sudah mendaftar di kelas I atau ii, namun di lapangan terkadang tidak sesuai dengan ekspetasi. Apalagi untuk rumah sakit yang jumlah ruangannya tidak terlalu banyak.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Untuk lebih memahami asuransi ini, anda harus membahas kekurangan dan kelebihan BPJS kesehatan dengan lengkap. Setelah membahas kekuranganya, anda juga harus tahu kelebihannya. Kelebihan ini membuat BPJS bisa dijadikan asuransi kesehatan buat keluarga ini. inilah beberapa kelebihan BPJS kesehatan,

     Biaya murah

Inilah kelebihan bpjs kesehatan dibandingkan asuransi lainnya. biaya preminya lebih murah, sehingga tidak memberatkan masyarakat indonesia. setiap kelasnya memiliki biaya yang berbeda-beda. Untuk kelas III sekitar RP 25 ribu, kelas II sekitar Rp 51.000 dan kelas I sekitar rp 80 ribuan. Sedangkan asuransi kesehatan swasta memiliki biaya hingga ratusan ribu rupiah.

     Tanpa Cek kondisi kesehatan

Untuk menjadi peserta BPJS kesehatan tidak perlu dilakukan medical check up atau test kondisi kesehatan. Semua orang bisa mendaftarnya langsung. Walaupun anda berumur lanjut usia dan memiliki riwayat penyakit parah, bisa melakukan pemeriksaan gratis, sedangkan asuransi kesehatan swasta, harus melakukan medical check up terlebih dahulu. Sehingga tidak semua bisa dicover oleh perusahaan asuransi tersebut.

     Jaminan seumur hidup

BPJS kesehatan memberikan jaminan seumur hidup. Sampai berapapun usia anda, bisa menggunakan asuransi ini. sehingga bisa membantu orang lanjut usia yang tidak memiliki biaya pengobatan.

     Cover penyakit lebih banyak

Hampir semua jenis penyakit bisa dicover oleh BPJS kesehatan, tidak ada pengecualian sama sekali. Dari penyakit ringan sampai penyakit parah pun bisa menggunakan BPJS. Asalkan sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dari biaya rawat jalan, biaya rawat inap, obat, dokter, operasi dan lainnya akan ditanggung langsung oleh BPJS kesehatan.

Setiap jenis asuransi kesehatan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu pula dengan BPJS kesehatan. Tahun 2019 ini diharapkan semua penduduk indonesia sudah terdaftar sebagai peserta BPJS. Bahkan BPJS akan terkoneksi dengan kartu pelayanan lainnya. saat memilih asuransi kesehatan, harus disesuaikan dengan kebutuhan. Bila anda membutuhkan pelayanan yang lebih lengkap dan memiliki biaya besar, bisa memilih asuransi kesehatan swasta.

BPJS kesehatan terus melakukan perbaikan terus menerus. sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat indonesia. bagi peserta BPJS kesehatan juga harus membayar premi secara rutin setiap bulannya. Walaupun anda tidak sakit,harus tetap membayar. Sehingga semua orang bisa tertolong dan pihak BPJS kesehatan tidak mengalami defisit. Karena program pemerintah ini menggunakan asas gotong royong. Setiap warga indonesia saling membantu sama lain.

Jika saat ini anda belum mendaftar BPJS kesehatan, lebih baik segera mendaftar, karena ini merupakan program wajib dari pemerintah. Sekian artikel tentang kekurangan dan kelebihan BPJS kesehatan. Semoga bermanfaat.

Deskripsi: kekurangan dan kelebihan BPJS kesehatan banyak sekali, membuat banyak orang harus memilihnya dengan seksama.

Respond For " Kekurangan dan Kelebihan BPJS Kesehatan "