free webpage hit counter

Perbedaan BPJS Kesehatan Dengan Asuransi

BPJS kesehatan merupakan salah satu program pemerintah di bidang kesehatan. Sehingga semua masyarakat bisa merasakan berobat dengan murah. Banyak masyarakat umum yang tidak tahu perbedaan BPJS kesehatan dan asuransi kesehatan swasta.

Apalagi sebelum ada BPJS, sudah banyak orang yang menggunakan asuransi kesehatan swasta. Oleh karena itu kita akan membahas perbedaan BPJS kesehatan dengan asuransi kesehatan swasta.

Biaya Premi

Premi menjadi hal penting dalam sebuah asuransi kesehatan. Entah itu BPJS atau asuransi kesehatan swasta. Namun premi keduanya memiliki perbedaan. Premi BPJS kesehatan lebih murah. Untuk karyawan perusahaan, akan ditanggung oleh perusahaan. Sedangkan fakir miskin dan veteran, dibayar oleh pemerintah. Ada tiga golongan premi BPJS. Kelas III sekitar Rp 25.500 per bulan. Kelas II sekitar Rp 51.000 per bulan dan kelas I Rp 80.000 per bulan.

Sedangkan asuransi kesehatan swasta, biaya preminya lebih mahal dibandingkan BPJS Kesehatan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki besar premi yang berbeda-beda. Biaya asuransi kesehatan mencapai ratusan ribu atau jutaan per bulannya. Asuransi akan menerapkan biaya yang lebih mahal bila anda berumur lanjut usia, pencandu rokok dan lainnya.

Batasan Limit

Kedua jenis asuransi ini juga memiliki batasan limit yang berbeda. BPJS tidak memiliki batasan limit. Semua biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS. Peserta hanya perlu mengikuti prosedur yang sudah ada, sesuai dengan kelas yang dipilih ketika mendaftar BPJS Kesehatan

Untuk asuransi kesehatan swasta memiliki banyak sekali batasan. Sebelum memutuskan untuk memakai asuransi tersebut, anda harus paham semua batasan-batasannya. Ada batas maksimum yang ditetapkan. Jadi bila melebihi batas yang diberikan, maka peserta asuransi harus membayarnya sendiri.

Pilihan Rumah Sakit

Perbedaan BPJS kesehatan dan asuransi selanjutnya pada pilihan rumah sakit. Untuk BPJS, anda harus mengunjungi rumah sakit yang hanya bekerjasama dengan BPJS. Selain itu anda harus pergi ke faskes pertama terlebih dahulu. Tidak bisa langsung di rujuk ke rumah sakit yang besar.

Jika anda tidak nyaman dengan rumah sakit yang ditunjuk, bisa mengubahnya namun harus menunggu tiga bulan. Oleh karena itu saat mendaftar BPJS pikiran dengan baik rumah sakit yang diinginkan.

Asuransi kesehatan swasta memiliki lebih banyak keunggulan. Karena anda bisa leluasa memilih rumah sakit yang diinginkan. Banyak perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan rumah sakit ternama.

Layanan

Layanan yang disediakan BPJS dan asuransi kesehatan swasta, memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. BPJS memang memiliki layanan yang lebih ribet namun sangat membantu masalah keuangan.

Anda harus rela antri dan mengurus dokumen dengan baik. apalagi kini untuk melakukan pemeriksaan harus ke fasilitas kesehatan (faskes) pertama terlebih dahulu. Bila faskes 1 tidak sanggup, maka akan dirujuk ke faskes yang lebih tinggi. Begitu seterusnya, sampai pasien bisa dilayani dengan baik.

Asuransi kesehatan swasta memiliki layanan yang lebih cepat. Setelah sampai di rumah sakit, anda bisa langsung ditangani. Dengan banyaknya rumah sakit yang bekerja sama dengan asuransi swasta, pembayaran cashless pun dapat dilakukan, apabila tidak bisa/ tidak bekerjasama maka asuransi mempunyai system reimbursement di mana pasien membayar terlebih dahulu dan kemudian mengajukan claim ke pihak asuransi

Syarat Kondisi Kesehatan

Syarat kondisi kesehatan kedua asuransi ini sangat berbeda. Bila menggunakan BPJS, anda tidak perlu melakukan pemeriksaan kesehatan. Bisa langsung mendaftar tanpa mengetahui riwayat penyakitnya. Walaupun kondisi anda sudah sakit parah pun, tetap bisa mendaftar BPJS.

Sehingga semua orang bisa tertolong. Selain itu jenis penyakit yang dicover BPJS pun banyak sekali. Ada beberapa jenis penyakit yang tidak dicover asuransi kesehatan swasta, bisa ditangani dengan BPJS.

Sedangkan untuk mendaftar asuransi kesehatan swasta, jika dalam jumlah besar anda harus melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan terlebih dahulu. Medical check up dilakukan dengan lengkap, sehingga pihak perusahaan mengetahui penyakit bawaan anda.

Selanjutnya pihak asuransi, akan menginformasikan jenis penyakit apa saja yang dicover mereka. Selain itu tidak semua penyakit bisa dicover asuransi kesehatan swasta.

Fasilitas Yang Didapatkan

asuransi kesehatan prudential

BPJS kesehatan memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Ada banyak hal yang dicover oleh BPJS termasuk biaya rawat inap, obat, operasi, dan dokter.. bahkan BPJS juga mengcover optik, perawatan gigi, persalinan dan lainnya. bahkan yang terbaru, BPJS juga mengcover konsultasi ke psikolog. Jadi hampir semua hal dicover oleh BPJS. Untuk fasilitas kamar inap, sesuai dengan kelas yang anda gunakan.

Asuransi kesehatan swasta memberikan beberapa fasilitas. Seperti biaya kamar rawat inap hingga 10 juta per hari, asuransi jiwa, jaminan kematian, dokter, obat dan biaya operasi.

Namun untuk cover penyakitnya memang tidak sebanyak BPJS, karena kebanyakan asuransi personal tidak menjamin persalinan, rawat gigi, optik atau gangguan jiwa.

Keuntungan yang dimiliki oleh asuransi kesehatan swasta, memiliki jaminan kematian untuk ahli waris. Sedangkan BPJS kesehatan tidak mempunyainya.

Berobat ke Luar Negeri

Ya, ini mungkin merupakan salah satu kelebihan utama dari asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan mempunyai plafon yang memungkinan mengcover anda ketika berobat ke luar negri, yang tentu saja tidak akan anda dapatkan oleh BPJS Kesehatan.

Kedua jenis asuransi ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih sesuai kemampuan. Demikian infromasi tentang perbedaan BPJS kesehatan dengan asuransi kesehatan swasta. Semoga bermanfaat.

Obat-obatan

Obat – obatan pada BPJS mengacu pada Formularium Nasional yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yang merupakan obat generik. Sedangkan asuransi mengcover semua jenis obat yang dikeluarkan oleh dokter, obat generik maupun tidak. Sehingga obat yang di dapat mungkin merupakan obat keluaran terbaru/temuan terbaru yang lebih efektif namun belum termasuk sebagai kategori obat generik.

Deskripsi: perbedaan BPJS kesehatan dengan asuransi banyak sekali. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Respond For " Perbedaan BPJS Kesehatan Dengan Asuransi "